Perangkat Pembelajaran Bahasa arab MTs kelas 8 MTs sesuai dengan KMA 183 Tahun 2019
Nama
Madrasah : MTsN
7 Solok Mata Pelajaran :
Bahasa Arab Kelas/Semester :
VIII
/ Ganjil Tahun Pelajaran : 2021 / 2022
|
Bulan |
Jumlah Minggu |
Minggu Efektif |
Minggu Non Efektif |
Ket |
Juli |
5 |
2 |
3 |
Libur Semester |
Agustus |
4 |
3 |
1 |
|
September |
5 |
4 |
1 |
|
Oktober |
4 |
4 |
0 |
|
November |
4 |
4 |
0 |
|
Desember |
5 |
- |
5 |
Ulangan Smt / Clasmeting/Libur |
Jumlah |
27 |
17 |
10 |
|
Jumlah Minggu Efektif Semester 1
27 Minggu – 10 Minggu = 17 Minggu
Jumlah dan rincian jam Pembelajaran Efektif
17 Minggu x 3 jam pelajaran = 51 jam Pembelajaran
DISTRIBUSI
ALOKASI WAKTU
No |
Materi Pokok / Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
1 |
السَّاعَة |
14 JP |
2 |
يومياتنا |
14 JP |
3 |
الهواية |
14JP |
4 |
|
|
Ulangan |
9 JP |
|
Jumlah Total |
51 JP |
Mengetahui,
Tanjung Balik, .......... Juli 2021
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BAB 1
Nama Madrasah |
: MTs N 7 Solok |
Materi Pokok |
: الساعة |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: المفردات |
Kelas/Semester/Tahun |
: VIII/Ganjil/2021-2022 |
Alokasi
Waktu |
: 3 x 45
menit |
A. KOMPETENSI
DASAR
3.1 |
Memahami fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks
sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة
yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait waktu
dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي
|
4.1 |
Mendemonstrasikan
tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait dengan waktu dengan
memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي baik secara lisan maupun tulisan . |
3.2 |
Menganalisis gagasan dari teks naratif
sederhana yang berkaitan dengan tema: الساعة
dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي |
4.2 |
Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks
naratif sederhana yang berkaitan dengan tema الساعة
dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal العدد الترتيبي |
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Peserta
didik dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami fungsi sosial,
struktur teks dan bunyi, kata, makna dan gramatikal berkaitan dengan الساعة yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi
terkait waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal العدد الترتيبي
2. Peserta didik memiliki pengetahuan dan
keterampilan dalam menganalisis dan menyajikan gagasan dari teks sederhana dengan
tema التعارف dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal: العدد الترتيبي
C. MEDIA & SUMBEL BELAJAR
1.
Media : Komputer/Laptop, Bahan
Ajar
2.
Sumber
Belajar : Buku Guru, Buku Siswa Bahasa
Arab (Buku digital madrasah 2020), Internet
D. LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN PENDAHULUAN |
|
· Mengucapkan salam, mengajak berdoa sebelum
belajar, mengisi daftar hadir peserta didik · Guru memberi motivasi pada siswa agar tetap
mengikuti protokol kesehatan guna mencegah Covid 19 ·
Guru
Menyampaikan materi pelajaran File
PDF, MS Word, Gambar, foto, video pembelajaran tentang : الساعة |
|
KEGIATAN INTI |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik
diberi motivasi untuk melihat, mengamati, membaca bahan ajar terkait الساعة |
Communication (Komukatif) |
Peserta didik dapat membangun
pengetahuan tentang Mufrodat, Kata Tanya, Sapaan, Profesi, Arah, Tadrib yang
berhubungan dengan الساعة |
Creativity |
Memproduksi
teks secara mandiri berkaitan dengan Mufrodat, Kata Tanya, Sapaan, dan jam |
Critical Thinking (Berpikir Kritis) |
Membaca, menerjemahkan, dan
menyebutkan dari model teks tentang: الساعة |
Collaboration |
Memproduksi
teks secara berkelompok |
KEGIATAN PENUTUP |
|
·
Menginformasikan
kepada peserta didik agar menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu ·
Guru
menutup pembelajaran dengan
mengucapkan salam |
E. PENILAIAN
1.
Penilain Sikap (Taat beribadah, syukur, berdoa, jujur,
disiplin, tanggung jawab)
2.
Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis, Tes Lisan,
Penugasan)
3. Penilaian
Keterampilan (Kenerja, Projek, Portofolio)
Mengetahui Kepala Madrasah
|
|
Tanjung Balik, Juli 2021 Guru Bahasa Arab
|
Comments
Post a Comment